Sunday 7 February 2016

Cara Membuat dan Mengisi Tabel Daftar Gaji Karyawan dengan Microsoft Excel

Belajar Cara Mengisi dan Membuat Daftar Gaji 
dengan Rumus VLOOKUP & HLOOKUP


Yang lagi belajar Microsof Excel monggo.....

Halo sobat semua jumpa lagi bersama saya MRB17 di indahnyaberbagimrb17.blogspot.co.id. Pada perjumpaan kali ini saya akan berbagi dengan sobat semua bagaimana Cara Mengisi dan Membuat Daftar Gaji dengan Rumus VLOOKUP & HLOOKUP pada Microsoft Excel. Dan saya berharap semoga di tutorial ini bisa membantu sobat semua yang sedang belajar Microsoft Excel.

Dalam tutorial ini saya akan memberikan cara-caranya step by step dari awal sampai akhir dengan harapan supaya sobat semua bisa memahami tutorial tersebut, sehingga bagi yang sedang belajar Microsoft Excel atau bagi pemula  bisa dapat langsung memahami dan mempraktekannya.

Dan saya membuat tutorial ini dalam dua versi yaitu versi artikel dan video. Apabila dalam mempelajari di artikel ini kurang jelas dan kurang memahami, silahkan sobat semua lihat lebih detailnya di video tutorialnya sehingga sobat semua bisa langsung mempraktekannya dengan melihat cara yang dilakukan oleh saya di video tutorial tersebut.

Di bawah ini adalah video tutorial cara membuat dan mengisi Tabel Daftar Gaji Karyawan dengan Microsoft Excel.
video cara membuat dan mengisi Tabel Daftar Gaji Karyawan dengan Microsoft Excel

Ok kita langsung az ke TKP…… let’s go…….

Langkah awalnya adalah seperti biasa buka terlebih dahulu programnya.



  • Buka Program Microsoft Excel
  • Buatlah terlebih dahulu tabel seperti di bawah ini :













  • Setelah selesai membuat tabel seperti diatas ikuti langkah atau cara pengerjaannya di bawah ini :

Cara Pengerjaannya :

1.       Isi sel Nama menggunakan fungsi VLOOKUP dari Tabel Karyawan berdasarkan NIK (NIK sebagai nilai kunci)
Rumusnya adalah =vlookup(lookup_value:table_array;col_index_num:[range_lookup])
Caranya :
Pada sel B15 ketik =VLOOKUP(klik sel A15;blok range A3:B10 lalu tekan F4 pada keyboard;ketik 2;0)
Sehingga Formulanya sebagai berikut : =VLOOKUP(A15;$A$3:$B$10;2;0)
Ket. Sel A15 sebagai lookup_value atau nilai kunci, rang A3:B10 sebagai table array, angka 2 sebagai col index num

2.       Isi sel Golongan menggunakan fungsi VLOOKUP dari Tabel Karyawan berdasarkan NIK (NIK sebagai nilai kunci)
Rumusnya adalah =vlookup(lookup_value:table_array;col_index_num:[range_lookup])
Caranya :
Pada sel C15 ketik =VLOOKUP(klik sel A15;blok range A3:D10 lalu tekan F4 pada keyboard;ketik 4;0)
Sehingga Formulanya sebagai berikut : =VLOOKUP(A15;$A$3:$D$10;4;0)

3.       Isi sel Gaji Pokok menggunakan fungsi HLOOKUP dari Tabel Karyawan berdasarkan golongan (Golongan sebagai nilai kunci)
Rumusnya adalah =hlookup(lookup_value:table_array;row_index_num:[range_lookup])
Caranya :
Pada sel D15 ketik =HLOOKUP(klik sel C15;blok range H2:J3 lalu tekan F4 pada keyboard;ketik 2;0)
Ket. Sel C15 sebagai lookup_value atau nilai kunci, rang H2:J3 sebagai table array, angka 2 sebagai row index num
Sehingga Formulanya sebagai berikut : =HLOOKUP(C15;$H$2:$J$3;2;0)

4.       Isi sel Tunjangan menggunakan fungsi HLOOKUP dari Tabel Karyawan berdasarkan golongan (Golongan sebagai nilai kunci)
Rumusnya adalah =hlookup(lookup_value:table_array;row_index_num:[range_lookup])
Caranya :
Pada sel E15 ketik =HLOOKUP(klik sel C15;blok range H2:J4 lalu tekan F4 pada keyboard;ketik 3;0)
Sehingga Formulanya sebagai berikut : =HLOOKUP(C15;$H$2:$J$4;3;0)

5.       Isi sel Gaji Bersih menggunakan fungsi Penjumlahan
Rumusnya adalah = Gaji Pokok + Tunjangan
Caranya :
Pada sel F15 ketik = klik sel D15 ketik + klik sel E15
Sehingga Formulanya sebagai berikut : =D15+E15

Selesai. Hasilnya akan menjadi seperti ini : 













Selamat mencoba semoga bermanfaat. 

Salam MRB17.


No comments:

Post a Comment