Wednesday 10 February 2016

TIPS SEHAT : Cara mengatasi mata berbayang/samar-samar saat melihat

Simple dan Mudah Mengatasi Pandangan Mata Berbayang/Samar-samar

Hai sobat semua, Pada artikel kali ini MRB17 tidak akan menulis tutorial dulu, santai sejenak dan enjoy dululah dan waktunya peduli dengan kesehatan hehehe….. karena kesehatan itu perlu dan nomer satu dan kata orang bijak bilang sih sehat itu mahal. Jadi saatnya kita sejenak memikirkan dan peduli dengan kesehatan. Pada artikel ini saya akan membahas tentang kesehatan yang berhubungan dengan mata.

Seharian melihat/melototin monitor komputer dan laptop membuat mata kita lelah dan radiasi yang ditimbulkan dari keduanya sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita yang akhirnya terkadang mata seperti berbayang dan agak samar-samar kalau melihat sesuatu. Nah sobat semua kali saya akan memberikan solusi dan Tips sehatnya supaya mata kita tetap sehat, normat dan mata yang berbayang juga samar-samar bisa kembali sehat dan normal lagi.

Apa solusi dan tips nya???
Ini dia sobat semua, solusi dan tipnya.
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa kalau kita seharian/dalam waktu yang lama berada di depan komputer / laptop sambil melihat/melototin monitor, setelah itu mata kita seperti berbayang dan agak samar-samar kalau melihat sesuatu dan apabila dibiarkan berlarut-larut bahkan mungkin bisa menyebabkan mata kita menjadi minus.

Mungkin sobat semua tidak ingin kan hal itu terjadi kan?
Untuk itu sobat semua saya akan berbagi tips dan pengalaman saya nih dalam mengatasinya. Caranya :

·         Tips Pertama, adalah setelah kita selesai dengan pekerjaan yang berhubungan dengan monitor komputer/laptop, usahakan sobat semua melihat sesuatu yang berjarak jauh dan disarankan lebih bagus dan efektip lagi dengan melihat ke atas ke arah langit karena jangkauannya lebih jauh.
  1.           Kalau melihat sesuatu yang jauhnya ke depan dan tidak ke atas, awalnya dengan pandangan mata biasa lalu kemudian mata melotot dan naikan bola mata hitam kita ke atas sambil digerak-gerakan ke kanan dan ke kiri.  Dan akan terasa peredaran darah dan syaraf pada mata bekerja. Lamanya terserah sobat semua sampai mata terasa enak.
  2.           Kalau melihat sesuatu yang jauhnya ke langit/ke atas, yaitu saat kepala menengadah atau melihat ke atas, awalnya pandanglah langit-langit dengan pandangan mata biasa lalu kemudian mata melotot dan naikan bola mata hitam sambil digerak-gerakan ke kanan dan ke kiri. Dan akan terasa peredaran darah dan syaraf mata bekerja.


·         Tips kedua, adalah tempelkan kedua ibu jari tangan (posisi telapak tangan menghadap ke atas seperti mau melempar bola basket ke ring) di kedua ujung alis mata bagian dalam, kemudian putarlah se arah jaruh jam. Saat melakukannya usahakan mata harus dalam posisi terbuka (tidak tertutup/merem). Lakukan sampai mata terasa enak dan nyaman. Saat melakukan putaran akan terasa peredaran darah dan syarat mata bekerja dan setelah itu mata akan terasa lebih fresh dan bayangan juga samar-samar tadi akan hilang dan mata terasa terang.
Ada kemungkin barangkali tips ini juga bisa menyembuhkan orang yang matanya minus kalau dilakukan dengan rutin tiap hari/tiap saat, tapi tidak tahu juga sih karena saya melakukannya pada mata saya yang normal ketika mata saya berbayang dan samar-samar setelah kelamaan melihat monitor.

Mungkin kalau dikaitkan dengan ilmu pengetahuan inilah yang dimaksud dengan hukum keseimbangan atau hokum timbale balik yang waktu sekolah kita pernah diajarkan, dimana ada tinggi ada pendek, ada jauh ada deket, ada atas ada bawah, dll. Jadi kalau kita melihat terus ke bawah sekali-kali lihatlah ke atas, kalau kita melihat terus yang dekat  sekali-kali lihatlah sesuatu yang jauh biar ada keseimbangan. Mungkin kira-kira seperti itu kali ya hehehe….

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.









No comments:

Post a Comment